IWO Goes To School, Mengenalkan Jurnalistik di Era Digital

KARAWANG, 23/01/2020 – Perkembangan teknologi membuat perilaku masyarakat berubah. Perubahan perilaku konvensional ke era digital juga diikuti dengan cepatnya penyajian informasi dan berita kepada masyarakat. Teknologi menghadirkan disrupsi digital, dan ini adalah era baru dalam informasi.

Menghadapi fenomena tersebut, IWO Karawang bersama SMAN 1 Karawang mengggelar pelatihan jurnalistik kepada para siswa. Tujuanya agar para siswa mengerti perkembangan jurnalistik dan berita di era modern.Acara bertajuk “IWO GOES TO SCHOOL” akan digelar secara maraton di beberapa sekolah tingkat SMA dan SMP sederajat yang ada di Karawang.  Hal ini sebagaimana diungkapkan Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) karawang,  Ega Nugraha.

“Program ‘IWO Goes To School’ merupakan implementasi dari program IWO selama satu tahun kedepan. Program ini sudah disepakati saat acara Rakerda IWO akhir tahun 2019 lalu,” terang Ega, Rabu (22/1/2020) kemarin.

Kami ingin merangsang para siswa untuk melek dalam dunia jurnalistik khususnya jurnalistik online atau daring.  Caranya dengan menggelar pelatihan jurnalistik,” lanjut Ega.

Dalam kesempatan itu,  pengurus IWO juga mengajak para siswa dan siswi termasuk guru untuk berperan aktif mengirimkan karya jurnalistik terutama seputar kegiatan sekolah.

Dalam pelatihan ini, para siswa mendapatkan berbagai materi antara lain dasar-dasar penulisan berita, kode etik jurnalistik, serta mendapatkan informasi seputar kegiatan para jurnalis dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.

“Alhamdulilah kegiatan ini sangat disambut baik oleh siswa dan guru di SMAN 1 Karawang. Kedepan sekolah bisa mengirimkan bahan berita berbagai kegiatan di lingkungan sekolah maupun luar sekolah sesuai kaidah jurnalistik. Kiriman dari siswa akan dimuat di beberapa media online yang tergabung kedalam IWO Karawang setelah melaui meja redaksi,” ucap Ega.

Terlihat para peserta antusias mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik dasar yang digelar oleh Ikatan Wartawan Online (IWO) karawang.

Hadir dalam kegiatan tersebut beberapa perwakilan guru diantaranya Lati Andriani (wakasek kesiswaan), Hj Nurhasanah (pembina harian OSIS), Widada (wakasek kurikulum), Nafis Kurtubi (pembina keamanan), Umulhaya (wakasek sarana), Asep Supriadi (wakasek humas ).

Mewakili kepala sekolah Drs H. Dwi Setyono Agus HS, M.Pd, Wakasek Kesiswaan Lati Andriani, menyambut baik kegiatan yang digelar oleh IWO Karawang. Lati berharap, kegiatan ini bisa bermanfaat untuk para siswa ditengah kemajuan teknologi serba online seperti saat ini.

Sementara pengurus IWO Karawang ikut hadir memberikan materi diantaranya Ega Nugraha (pojokjabar.com), Junudi (inilahonline.com), Haris (zonadinamika.com), dan Ludi (datapublik.com). (Red Ns).

Baca Juga!

Rumah Sakit ‘Seolah’ Terlantarkan Ulfa Balita Penderita Retak Tulang Kepala

Subang, 11-02-2020 – Rasa empati untuk, Ulfa Nur Fitriani Balita berusia 8 bulan yang sejak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com