Pilkada Jabar 2018, KPU Karawang Gandeng IWO Sebagai Agen Sosialisasi

Karawang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang bersama Insan Pers mengelar sosialisasi Pilkada, mengambil tempat di Café Rumpi Kawasan Interchange, Karawang, Jawa Barat, Senin 25 Juni 2018.

Acara ini merupakan salah satu rangkaian sosialisasi dari KPU Karawang terkait Pilkada serentak. Acara ini mengambil tema ‘Media Berperan Sebagai Agen Sosialisasi dan Bukti Nyata Independensi’. Hadir sebagai pemateri adalah para jurnalis yakni Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Karawang Ega Nugraha Susanto, Wartawan Radar Karawang Ahmad Fauzi dan Wartawan Portaljabar.net, Yusri Amarahman.

Ketua IWO Karawang, Ega Nugraha dalam paparannya menyebutkan bahwa media harus berperan sebagai agen sosialisasi, tujuannya tentu untuk mensukseskan hajat politik tahun 2018 yaitu Pilgub Jabar.

“Peran media adalah corong informasi yang membantu KPU dalam mensosialisasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan Pilgub kepada masyarakat luas agar masyrakat faham dan mengerti bagaimana tahapan pilkada dan tata caranya,” ucap Ega.

Menurut Ega, meskipun sebenarnya kalau dilihat tupoksinya memang tugas sosialisasi Pilgub Jabar adalah tugas pokok dari KPU, tetapi disini media berkewajiban untuk ikut serta mensosialisasikan sebagai rasa tanggung jawab kepada masyarakat karena media sebenarnya adalah agen informasi.

“Sosialisasi Pilgub Jabar merupakan kewajiban media untuk ikut serta mensuskseskan hajat politik ini,” terangnya.

Sementara pemateri lain yaitu Ahmad Fauzi ikut menerangkan bahwa media dalam event pilkada serentak ini agar bisa bersikap independen, terutama dalam Pilgub jabar dan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon.

“Sudah seharusnya media dan wartawan bisa bersikap independen dalam memberitakan sekitar Pilgub, terutama jangan terlalu melakukan keberpihakan kepada salah satu pasangan calon Gubernur,” ujarnya.

Karena menurut Fauzi independensi wartawan adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi. Walaupun memang tidak terlepas setiap wartawan adalah individu yang pasti punya pilihan politik masing-masing

“Seorang wartawan harus independen dalam melaksanakan tugas, terlepas wartawan tersebut sudah berafiliasi dengan ideologi atau entitas politik tertentu,”pungkasnya.(IWO/Ns)

Baca Juga!

Ribuan Buruh Karawang Gelar Aksi 12.12, Bupati Sedang Dinas Ke Jakarta

KARAWANG – Aksi demonstrasi  buruh 12.12 yang di gelar oleh Koalisi Buruh Pangkal Perjuangan (KBPP) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com