Peduli Lingkungan, UMIKA Bersinergi Dengan Berbagai Ormas Dan Komunitas Tanam 2000 Pohon Mongrove Di Cilamaya

KARAWANG, 11/02/2019 – Sebagaimana diketahui hutan mangrove bermanfaat besar bagi penduduk Indonesia yang mencapai 40%-50% tinggal di daerah dekat pantai, yakni mencegah abrasi dan tsunami, serta berfungsi sebagai peresapan air laut ke daratan. Oleh karena itu, upaya-upaya pelestarian hutan mangrove perlu terus digalakkan karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pantai.

Mengingat pohon mangrove sangat bermanfaat bagi keberlangsuangan alam, terutama di sekitar pingiran laut maka perlu peran serta menyeluruh dari elemen bangsa untuk bahu-membahu memberikan kontribusi dalam rehabilitasi dan pelestarian hutan mangrove.

UMIKA (Umat Islam Karawang) bersama berbagai ormas dan komunitas diantaranya dari Toyota Fortuner Club Of Indonesia (ID42NER) Karawang, YADISKA, Rela Baik, Garbi Chapter Karawang, Pecinta Alam CAMP STICK APP Jakarta, Komunitas Tadabbur Alam Karawang (KOTAK), Barisan Pemuda Hijrah dan ASPIKA (Aliansi Pergerakan Umat Islam Karawang) pada Minggu, 10 Februari 2019 turut ambil bagian dari upaya mulia penanaman pohon mangrove di kawasan Pantai dan Hutan Mangrove Tangkolak Barat Cilamaya Wetan, Karawang.

“Pada hari ini UMIKA bersinergi dengan berbagai element komunitas dan ormas sehingga dapat melaksanakan kegiatan penanaman pohon mangrove di Tangkolak Barat – Cilamaya Wetan,” terang Adi Suryadi kepada www.karawangmetro.com

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian program kepedulian sosial yang akan terus kami lakukan bersama ormas dan komunitas lain, karena motto kami adalah bermanfaat untuk umat, lanjutnya.

Sementara itu tanggapan mendukung kegiatan penanaman pohon mangrove juga datang dari Ketua Komunitas Toyota Fortuner Club Of Indonesia (ID42NER) Karawang H.Asep Nandang yang juga ikut dalam kegiatan ini.

“Terima kasih kepada rekan-rekan UMIKA, Relawan dan berbagai ormas yang telah mengajak kami untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan peduli lingkungan penanaman pohon mangrove di Tangkolak – Cilamaya Wetan ini. Semoga kedepan kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan dengan bersinergi dari berbagai lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Perwakilan dari pecinta alam CAMP STICK APP Jakarta juga menyatakan hal sama bahwa pihaknya dalam hal ini bersama ormas dan komunitas yang lain sangat apresiasi atas kegiatan ini.

“Allhamdulillah kami dapat berpartisipasi dalam rangkian acara peduli lingkungan yaitu penanaman pohon mangrove yang diadakan UMIKA bersama teman-teman. Untuk CAMP STICK APP dalam kegiatan ini berpartisipasi dengan menyumbang pohon mangrove sebanyak kurang lebih 1000 buah,” ungkap Rini Sandiani perwakilan CAMP STICK APP Jakarta.

Relawan Rela Baik yang merupakan kumpulan dari berbagai relawan sosial juga ikut ambil bagian dalam acara penanaman pohon mangrove di Tangkolak –Cilamaya Wetan ini. “Karena basic kami adalah relawan, kami sangat apresiasi akan kegiatan seperti ini. Semoga dengan adanya kegiatan penanaman pohon mangrove ini alam tetap terjaga. Kepedulian menjaga alam agar tetap lestari harus menjadi perhatian kita semua, ungkap Vicky perwakilan Relawan Rela Baik.

Bumi yang kita tinggali merupakan titipan untuk diwariskan kepada anak cucu. Karena itu, penting bagi kita untuk bertanggung jawab dan bersama-sama merawat lingkungan. Oleh karena itu, hari ini Kami dari Garbi Karawang sangat apresiasi kegiatan ini,” terang Abah Kaspin perwakilan Garbi Karawang.(Ns).

Berikut adalah dokumentasi simbolis penanaman mangrove di Cilamaya – Wetan:

 

Baca Juga!

Sinergi Apik Berbagai Ormas Dan Komunitas Bantu Bencana Kekeringan Di Karawang

KARAWANG,11/08/2019 – Dampak kemarau panjang di karawang dirasakan oleh ribuan warga. Warga mengaku mengalami kesulitan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com