Maksimalkan Zakat Untuk Umat, ASPIKA Datangi BAZNAS Karawang Terkait Perda Zakat

KARAWANG – Aliansi Pergerakan Islam Karawang (ASPIKA) mendatangi Kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Senin (11/11/2019) siang ini terkait soal zakat.

Pada kesempatan ini para aktivis Islam iakan beraudiensi perihal rencana diterbitkannya Perda Pengelolaan Zakat.

Koordinator Presidium Aspika, Irwan Taufik, mengatakan, audiensi hari ini akan diikuti oleh seluruh perwakilan ketua ormas Islam yang tergabung dalam Aspika.Menurut Irwan, Raperda Fasilitasi Pengelolaan Zakat ini sangat penting diterbitkan di Karawang.

“Tujuanya agar pengelolaan zakat lebih maksimal dan berdampak kemaslahatan langsung untuk ummat,” ujar Irwan, kepada www.karawangmetro.com, disela jeda audensi bersama BAZNAS.

Irwan menjelaskan lanjut, selama ini pengelolaan zakat kami rasa masih belum maksimal sehingga perlu dipandang adanya regulasi untuk meningkatkan pemerataan ekonomi dan keadilan bagi masyarakat.

“Sejauh ini yang kami tahu, raperda ini sudah diserahkan ke bagian hukum provinsi dan sudah dikembalikan ke Karawang,” ungkapnya.

Keberadaan Lembaga Amil Zakat dan Badan Amil Zakat di tingkat Kabupaten Karawang terlihat belum maksimal dalam mengelola zakat karena belum ada regulasi jelas di tingkat daerah.

Kebutuhan regulasi Perda ini menjadi penting, mengingat potensi dana zakat, infaq, dan shadaqah (ZIS) dalam setiap daerah berbeda-beda.

“Karakteristik potensi dana ZIS tersebut harus mendapat pengaturan agar menjadikan sistem pengelolaan yang tepat sasaran,” ucap Irwan.

Dalam hal ini Aspika akan terus mengawal raperda ini hingga diterbitkan menjadi perda dan perbup, pungkasnya. Hingga berita ini diterbitkan masih berlangsung pembahasan antara ASPIKA dan BAZNAS Karawang.(red eg/ns).

Baca Juga!

Pesan Amin Rais Buat Prabowo Terkait Jabatan Sebagai Mentri Pertahanan

Karmet News, 28/10/2019 – Mantan Ketua MPR sekaligus Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com