KPU Tegaskan Netral, Tidak Berpihak Kepada Paslon 01

JAKARTA – Menanggapi tudingan Paslon 02 dalam gugatan Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi  bahwa  KPU bertindak tidak netral alias berpihak pada Paslon 01, tanggapan itu ditepis oleh Tim Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kuasa hokum KPU, Ali Nurdin yang mengungkapkan proses pemilihan dan penetapan komisioner KPU dilakukan oleh DPR.

“Mekanisme pemilihan anggota KPU dilakukan oleh DPR berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan. Anggota DPR terdiri dari parpol pendukung pemohon dan pendukung pihak terkait dengan komposisi berimbang sehingga tidak dimungkinkan adanya dominasi dari salah satu kelompok,” jelas Ali Nurdin di  dalam sidang gugatan Pilpres 2019  di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2019).

KPU sebagai lembaga yang mandiri, sesuai dengan Pasal 7 UU Pemilu terbebas dari pengaruh manapun berkaitan dengan pelaksanaan tugas dan wewenangnya. KPU  dalam melaksanakan tugas  selalu berpegang pada prinsip-prinsip yang mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, profesional efektif dan efisien.

Dalam hal ini Alinurdin mengatakan, kesemuanya dapat dilihat dari awal tahapan Pemilu sampai sengketa hasil Pemilu.

“Tidak ada satu pun putusan dari DKPP sebagai satu-satunya lembaga diberi tugas dan kewajiban untuk memeriksa, mengadili dan memutus dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu yang menyatakan bahwa Termohon (KPU) melanggar kode etik,” tegas Ali Nurdin.

DKPP  merupakan satu-satunya lembaga negara yang diberi tugas dan kewajiban berdasarkan UU Pemilu untuk memeriksa, mengadili, dan memutus dugaan pelanggaran kode etik oleh penyelenggara pemilu.

“Termohon telah melaksanakan kewajibannya untuk memperlakukan peserta pemilu secara adil dan setara sebagaimana diatur dalam Pasal 14 huruf b UU Pemilu,” tuturnya.(red nz).

Baca Juga!

KKN Mahasiswa UNSIKA 2019 Gelar Sosialisasi Tentang Pertanian Dan Penegakan Hukum Lingkungan

KARAWANG, 11/07/2019 – Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) mengadakan kegiatan Sosialisasi mengenai Sektor Pertanian dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com