ICM (Yayasan Insan Cerdas Mandani) Peduli Pada Generasi Penerus Bangsa Dan Nasib Guru

KARAWANG – Berangkat dari persatuan guru Taman Kanak Kanak Al Qur’an (TKA) dan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Kabupaten Karawang yang disingkat IGTKA. Maka sejak 5 tahun yang lalu ICM telah berupaya untuk mengangkat kesejahteraan para guru, meningkatkan skill serta melakukan pembinaan disetiap lembaga dimana binaan kami berada.

Dan berikut merupakan profile Yayasan ICM (Insan Cerdas Mandani) sebagaimana yang di ceritakan oleh Samsudin S.E,Sy selaku ketua ICM kepada karawangmetro.com, bagaimana awal terbentuknya Yayasan ICM dan apa yang melatar belakanginya.

“Saat itu ada sekitar 50 unit lembaga yang beraviliasi kepada IGTKA. Seiring waktu berjalan ada sebagian yang sudah dibina langsung dan mendapatkan sertifikasi dari Kemenag maupun dinas pendidikan. Akan tetapi, bergesernya kebijakan dan  peraturan perundang undangan yang berlaku bahwa sebuah komunitas harus memiliki payung hukum yang jelas agar dapat berperan di publik, pemerintah dan swasta, bersinergi dengan baik, accuntable dan transparansi management harus menjadi panglima dalam pengelolaan sebuah lembaga. Maka, inilah yang melatar belakangi berdirinya Yayasan Insan Cerdas Madani (ICM),” keteranganya, Rabu, 29 November 2017.

 

Sambil membolak balik berkas, pak Syam selaku ketua dari Yayasan Insan Cerdas Madani (ICM) menerangkan bahwa ICM adalah sebuah lembaga dakwah Islam yang telah memperoleh badan hukum dari kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-00126.50.10.2014. Diketuai oleh saudara Samsudin, S.E, Sy, dengan Pembina adalah Bapak  H. Ek. Budi Santoso, S.E, MM dan pengawas adalah  Drs. Fasli Basyir, MM. ICM.” Penjelasanya.

Sedangkan Yayasan ICM sendiri beralamat di Perum Permata Regensi Jl. Cempaka 2 No. 1 Ds. Cikampek Utara Kec. Kota Baru Kab. Karawang 41374. Selain itu dapat juga diakses melalui nomer HP/WA 081310787640 atau dimedia sosial Fb dengan nama akun ICM insan. Email : yayasan.icm@yahoo.com, ungkapnya.

Masih menurut pak Syam, “Awal mula didirikanya yayasan ini, kami sepakat merumuskan visi bahwa ICM adalah yayasan yang bernuansa Islami, mencetak generasi unggul dalam prestasi dan berkarakter, menjunjung tinggi tradisi, santun dalam bersikap, menuju masyarakat madani yang meraih kemuliaan hidup kebahagiaan dunia – akherat.

Sedangka tujuan ICM sendiri jelas, bahwa diantaranya tetap memfokuskan terciptanya para peserta didik yang beriman dan bertakwa, berikut Misi lengkap dari Yayasan ICM.

  1. Membina peserta didik berdasarkan keimanan dan ketakwaan.
  2. Mewujudkan tercapainya peningkatan mutu pendidikan.
  3. Mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Iptek dan Kebudayaan.
  4. Membina akhlak dan budi pekerti.
  5. Meningkatkan pelayanan pendidikan bagi masyarakat.
  6. Menyebar semangat demokrasi secara inovatif.
  7. Mengantarkan peserta didik menggapai prestasi.
  8. Membangkitkan daya juang bagi kemuliaan hidup dan kebahagiaan masa depan.
  9. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan Ekonomi Syariah.

Sedangkan untuk saat ini Yayasan Insan Cerdas Madani (ICM) fokus untuk menggalang donasi pembebasan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan Gedung Dakwah Yayasan ICM.

Tempat tersebut nantinya akan dimanfaatkan untuk  membumikan gerakan membaca, menghafal, memahami, mentadaburi dan mengamalkan Al Qur’an bersanad atau yang lazim disebut program 5M. Selain itu berfungsi sebagai sarana pendidikan soft skill para kaum dhuafa dan yatim piatu secara gratis dan terahkir pemberdayaan ekonomi ummat dengan pendekatan ekonomi syariah berupa koperasi syariah/BMT yang mengelola bisnis ritel sembako, pungkasnya.(NS)

Baca Juga!

Karawang Akan Punya Pasar Induk

Karawang,14/03/2020 – Apresiasi diberikan Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana terkait rencana pembangunan Pasar Induk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com