Galian Tanah Merah di Desa Cikopo Ganggu Pengguna Jalan

PURWAKARTA – Galian tanah merah milik Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) yang berlokasi di Desa Cikopo Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat diprotes warga.

Pasalnya, mobil Dum truck pembawa tanah merah ini tampak keluar dari lokasi galian dengan kondisi roda mobil yang menyisakan tanah dan mengotori jalan raya.

Selain itu diduga galian tanah merah itu belum memiliki ijin “Cut and Fill”, dan sangat menganggu ketertiban dan kenyamanan dalam berlalu-lintas.

Ketua Umum KPLHI, Iwan Prahaneta, sangat menyayangkan kegiatan galian tanah merah itu padahal sering diprotes oleh masyarakat sekitar, namun tetap bandel dilakukan.

Kendati kegiatan ini sering menjadi cuitan publik, namun sayangnya Pemkab Purwakarta melalui dinas terkait tidak meresponnya secara cepat.

Iwan Prahaneta mengatakan, dampak lingkungan yang ditimbulkan dari kegiatan galian tanah merah di wilayah itu sangat menggangu masyarakat sekitar, khususnya bagi masyarakat dan pengguna jalan. Apalagi status lahan milik pemerintah tersebut bukan untuk dimanfaatkan dan digali yang kemudian diperjualbelikan.

“Kegiatan ini harus segera dihentikan, apalagi ada dugaan masih belum memiliki ijin, “tegas Iwan Prahaneta, Rabu (23/1/19).

Tanggapan protes juga datang dari salah seorang pengguna jalan bernama Wawan (38), dirinya mengaku kesal dan kecewa dengan pihak pelaksana kegiatan galian tanah merah tersebut karena mengakibatkan kondisi jalan menjadi kotor, berlumpur dan licin.

”Kegiatan galian tanah merah tidak memperhatikan kepentingan umum, karena mengakibatkan jalanan menjadi becek, kotor dan licin, ”pungkas Wawan. (Red).

Baca Juga!

Sikapi Omnibus Law Ketenagakerjaan Para Aktivis Serikat Pekerja dan Buruh Gelar Diskusi di Bogor

Bogor – Institut Hubungan Industrial Indonesia (INHI) bersama Para Aktivis Serikat Pekerja/Buruh menyelenggarakan Focus Group …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com