BNPB : Info Akan Ada Gempa Susulan 8,1 SR dan Tsunami Adalah Hoax

Karmet News – Beredar informasi “Hoax” dan menyesatkan akan ada gempa dan tsunami susulan yang lebih besar yang akan melanda Palu. Dalam informasi tersebut menyatakan informasi adanya gempa dan tsunami susulan dari pihak BMKG, dan bahwa saat ini Kota Palu dalam keadaan  siaga 1.

Berikut informasi hoax yang tersebar di medsos:

“Tolong hubungi Mama Mea dll yang di Palu. Palu siaga 1. Barusan temanku di BMKG habis periksa alat pendeteksi gempa yang dorang tarok di laut, kalau gempa susulan akan ada lebih besar dari kemarin, berkekuatan 8,1 ke atas, dan berpotensi tsunami yang lebih besar dari kemarin,” demikian informasi hoax yang beredar luas di medsos.

Menanggapi informasi tersebut, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoax alias menyesatkan.

Masyarakat diminta untuk mengabaikan informasi tersebut. Menurutnya, belum ada satu negara dan ilmu yang bisa memprediksi gempa secara pasti.

“Hoax ancaman gempa dan tsunami mulai menyebar di Kota Palu dan daerah lain. Masyarakat resah. Mohon jika menerima informasi seperti ini abaikan. Ini hoax. Tidak ada satu pun negara di dunia dan iptek yang mampu memprediksi gempa secara pasti,” kata Sutopo melalui akun twitternya, Senin, 1 Oktober 2018.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, gempa dengan kekuatan 7,4 SR mengguncang Sulawesi Tengah. Akibat gempa ini, muncul tsunami yang melanda Kota Palu dan Donggala. Ribuan orang dikabarkan meninggal dunia dan banyak bangunan hancur luluh lantah. (Zar)

Baca Juga!

Ust Novel Tanggapi Pernyataan Ketua PSI Yang Tolak Perda Syariah Dan Perda Injil, Usul PSI Dibubarkan Saja

Jakarta – Tokoh nasional Ust Novel Bamukmin, geram dengan pernyataan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com