THR Di berikan Minimal H-7 Sebelum Lebaran

Karawang, Karmet News- Ketua Balai Pengawasan Tenaga Kerja Drs H Endang Suparman, menegaskan bahwa setiap perusahaan wajib membayar Tunjangan Hari Raya (THR) paling terlambat H-7 sebelum Hari Raya Idul Fitri. Mengenai kebijakan ini diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang THR Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja atau Buruh perusahaan.

Selain itu bagi perusahan yang terlambat akan di kenakan denda 5% dari THR, sanksi administrasi dan teguran tertulis juga akan dilayangkan kepada perusahaan yang telat membayarkan THR kepada karyawanya.

“Yang telat membayar THR keagamaan didenda 5 persen dari total THR yang harus dibayar perusahaan kepada pekerja dalam jangka waktu yang telah ditentukan, kewajiban perusahaan untuk membayar hak pekerja tersebut,” ujarnya Kepada Team Karmet News (12/6/2017).

H Endang menambahkan, sebelum H -7  dinas akan membuaka posko – posko pengaduan terkait penerimaan THR (Tunjangan Hari Raya).  Khusus untuk di Karawang akan di bentuk dua team kecil terdiri dari 75 orang yang bertugas untuk mengawasi 57 orang bertugas sebagai team pengawas umum dan 18 orang pengawas spesialis dalam hal pemberian THR.

Drs H Endang Suparman meminta kepada seluruh perusahaan agar tidak terlambat membayarkan THR kepada para karyawan, menurutnya THR merupakan hak bagi para pekerja yang harus dibayar oleh pemilik perusahaan yang ketentuanya sudah jelas tertulis dalam peraturan pemerintah.

“Tapi intinya kita minta THR harus dibayarkan sebelum H-7 karena itu hak dari para pekerja,” katanya. Sedangkan untuk Intansi pemerintah besaran dan tenggat waktunya hingga saat ini belum ada keputusan, hal itu dikarenakan  masih menunggu keputusan dari menteri keuangan.

Liputan:Opik/Ns

Baca Juga!

Ngeri…!!! Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Dekati Rp 14.000, Melebihi Krismon Bulan Agustus 1998

KARMET NEWS – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali mencatatkan penguatan terhadap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *