Separuh Warga Yang Tinggal Dekat Kawasan Idustri di Karawang Bakal Mudik, Karawang Dipastikan Lenggang

KARAWANG, (01/06/2018) – Bergesernya Karawang dari daerah pertanian menjadi daerah industry tentu berdampak dengan banyaknya pendatang dari kota lain yang berada atau menetap di Karawang. Para pendatang tersebut rata-rata yang bekerja di kawasasn-kawasan industry yang tersebar di berbagai tempat.

Dipastikan warga pendatang yang dekat dengan kawasan daerah industry hampir separuh dari warga yang tinggal berdekatan dengan zona maupun kawasan industri bakal mudik ke kampung halamannya masing-masing mendekati Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Perhitungan itu didasarkan pada jumlah pendatang yang sudah menjadi warga Kabupaten Karawang dari tahun ketahun yang terus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Data dari Januari 2018 hingga pertengahan Mei ini saja, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) telah mencatat penambahan penduduk dari luar daerah di atas enam ribu orang.

“Yang baru lapor sudah tinggal atau menetap di sini saja cukup signifikan. Setiap hari kami menerima laporan penduduk baru hingga 80 orang. Sedangkan selama tahun 2017, jumlah warga pendatang yang masuk dan menetap di Karawang mencapai 30 ribuan orang,” ungkap Kepala Disdukcapil Karawang, Yudi Yudiawan, Selasa, (29/5/2018) pada wartawan.

Dari sejumlah itu, Yudi menyebut, mereka dominan memilih tinggal di wilayah Kecamatan Telukjambe Barat, Telukjambe Timur, Ciampel, Karawang Barat, Karawang Timur, Klari, dan Cikampek. Yaitu, titik-titik yang berdekatan dengan zona maupun kawasan industri.

Jumlah total penduduk Kabupaten Karawang yang tercatat ada 3 jutaan jiwa. Sedangkan data yang tercatat di Kementerian Dalam Negeri baru 2.250.000 jiwa. Sehingga perbandingan pertumbuhan penduduk lokal atau angka kelahiran dengan pendatang, menurutnya, telah mendekati 50 : 50 persen.(Ns)

 

Baca Juga!

Tokoh Koalisi Keumatan Bertemu, Nampak Prabowo Dan Anies Baswedan Serta Amien Rais

KARMET NEWS – Haflah Idul Fitri 1439 H bertempat di Aula Masjid Al-Furqon – Gedung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *