Puasa Ternyata Menyehatkan

Karawang, karmet News- Tak ada salahnya menjalankan ibadah puasa jika kuat bagi anak-anak atau lansia. Karena puasa membuat fungsi organ tubuh kembali normal, sehingga bisa terhindar dari penyakit.
Seperti yang di jelaskan dr Irma Hakim pemilik Nurussyifa center membeberkan berbagai manfaat puasa untuk seorang lansia atau anak-anak dan dewasa. Berikut ulasannya, dirangkum Karmet News, Minggu (18/6/2017) di Masjid Assyifa.

Memperbaiki fungsi endotel

Selama puasa fungsi endotel tubuh jadi membaik. Karena itu, lansia dan anak dianjurkan puasa untuk menstabilkan trombosit yang sangat dibutuhkan untuk mencegah penyakit khususnya bagi lansia.

Menangkal radikal bebas

Selama puasa, lansia dan anak-anak akan terhindar dari radikal bebas. Ini berkaitan dengan asupan kalori dan radikal bebas yang menurun di hari ke-7 Ramadan. Pada saat tidak puasa orang dewasa atau lansia serta anak-anak cenderung sulit mengatasi gangguan radikal bebas. Sementara, saat puasa tubuhnya dapat menangkal radikal bebas karena asupan sumber antioksidan lebih tinggi.

Turunkan kadar lemak

Studi dilakukan pada 40 orang anak-anak,dewasa dan lansia. Tujuannya untuk mengetahui kadar lemak dalam tubuh responden selama puasa. Hasilnya responden mengalami penurunan kadar trigliserida. Sementara pada dewasa muda, mengalami penurunan kadar kolesterol total.

Fungsi ginjal membaik

Penelitian dilakukan pada khusus lansia 60 tahun ke atas, dengan mengetahui pengaruh asupan cairan selama puasa Ramadan terhadap fungsi ginjal. Rupanya pada hari ke-14 dan ke-28 Ramadan, fungsi ginjal lansia yang berpuasa mengalami perbaikan. Mereka tidak mengalami gangguan ginjal selama mampu mencukupi asupan cairan antara waktu buka dan sahur.

(Indah)

Baca Juga!

Foto Tokoh Agama Dan Masyarakat Karawang Tolak LGBT

Karawang – Massa yang tergabung dari ASPIKA (Aliansi Pergerakan Islam Karawang) menggelar aksi menolak Lesbian, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *