Polemik Pelarangan Cadar di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga

Phobia Cadar di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Jogjakarta Ahkirnya Selesai

KARMET NEWS, 12-03-2018 – Sempat menjadi Polemik pelarangan cadar di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga akhirnya selesai. Pihak Universitas (UIN) ahkirnya secara resmi mencabut pelarangan cadar di lingkungan kampusnya.

Hal itu Menurut Rektor UIN Kalijaga, Yudian Wahyudi pencabutan dilakukan usai diadakan Rapat Koordinasi Universitas.

“Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Universitas (RKU) pada Sabtu, 10 Maret 2018 kemarin diputuskan bahwa Surat Rektor No. B-1301/U.02/R/AK.00.3/02/2018 tentang Pembinaan Mahasiswi Bercadar dicabut demi menjaga iklim akademik yang kondusif,” Ungkapnya.

Surat yang bernomor B-1679/Un.02/R/AK.00.3/03/2018 ini pun ditegaskan bersifat penting dan ditujukan pada Direktur Pascasarjana, Dekan Fakultas, Kepala Unit/Lembaga UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sebagaimana diketahui, nama UIN Sunan Kalijaga dalam pekan ini menjadi sorotan di kalangan masyarakat, hal itu lantaran aturan pelarangan cadar di kampus tersebut. Berbagai kalangan pun memberikan kritik akan peraturan tersebut, tak terkecuali Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Ma’ruf Amin ikut menyorotinya.

“Tentu harus kita mendengar kenapa cadar itu dilarang. Cadar secara Islam boleh, jadi karena aspek apa sehingga UIN Kalijaga itu melarang,” Terangnya.

Protes keras juga disampaikan Anggota DPD RI Fahira Idris yang menyayangkan kebijakan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ketua Komite III DPD RI yang membidangi persoalan pendidikan ini menegaskan, dirinya akan mengadvokasi langsung jika ada mahasiswi bercadar yang dipecat akibat kebijakan tersebut.

“Saya akan buka advokasi bagi mahasiswi bercadar yang merasakan dirugikan, apalagi jika sampai dipecat dengan kebijakan ini. Saya kira di tengah gembar-gembor kampanye ‘Saya Bbhineka, Saya Pancasila” kebijakan-kebijakan seperti ini harusnya tidak  ada, tetapi nyatanya masih terjadi,” Ungkap Fahira Idris (06/03).

Polemik pelarangan cadar yang sempat menuai polemik akhirnya selesai setelah mendapat kritik dari berbagai pihak. Kita tentu berharap, semoga kedepan peraturan yang merugikan pihak lain tidak terulang kembali di UIN atau di kampus-kampus lain.(Ns)

 

Baca Juga!

Ramadhan Berbagi, Rumah Zakat dan Gramedia Karawang Beri Santunan Untuk 100 Anak Yatim

KARMET NEWS – Bertempat di Lt 2 Gramedia Store Karawang, Rumah Zakat bekerja sama dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *