MUKTAMAR GPII Ke XIII di Mataram Resmi Dibuka, PD GPII Karawang Mengirimkan Perwakilnya

MATARAM – Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) menggelar Muktamar XIII di kota Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam Muktamar yang dilaksanakan pada 26-30 November 2017 ini akan dibuka resmi oleh Gubernur Nusa Tengara Barat Gubernur NTB, TGB Zainul Majdi, Senin (27/11).

Dari pembahasan di tingkat ‘stering comitte’ salah satu poin pembahasan penting yang nanti akan diputuskan oleh Muktamirin adalah terkait persoalan kebangsaan yakni posisi NKRI dan Pancasila. Bagi GPII, NKRI dan Pancasila adalah kesepakatan bersama bangsa oleh ‘Founding Fathers’ sehingga harus dijaga dan dipertahankan selama republik ini masih berdiri. “Bahasa anak mudanya NKRI dan Pancasila adalah harga mati”.

Keislaman dan Keindonesian bagi kader GPII adalah seperti dua koin mata uang, sesuatu yang tak bisa dipisahkan satu sama lain. Para senior GPII telah membuktikannya seperti mosi Integral M. Natsir (salah satu pendiri GPII) yang mengajukan mosi integral NKRI saat Indonesia sedang menganut sistim serikat pada dekade tahun 50-an. Semboyan GPII selama ini akan terus dipertahankan dan dibumikan ke seluruh kader GPII se Indonesia yakni ‘Islam Yes NKRI Yes’

Seperti di ketahui, GPII didirikan pada 2 Oktober 1945 oleh sejumlah tokoh yang pada saat itu antara lain Buya Natsri, KH Wahid Hasyim, M. Natsir, Anwar Cokroaminoto dan tokoh lainnya. GPII didirikan dengan dua tujuan utama yaitu ikut mempertahankan kemerdekaan dan mensyiarkan da’wah Islam sebagai sebuah nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Perwakilan PD GPII Karawang Hadir di Muktamar XIII

Turut hadir dalam muktamar kali ini perwakilan Pimpinan Daerah GPII Karawang. Dan berikut keterangan Irwan Taopik selaku Ketua PD GPII Karawang kepada karawangmetro.com di sela-sela acara muktamar.

Kami selaku utusan perwakilan PD GPII Karawang merasa sangat bersyukur dapat mengikuti agenda tingkat nasional yaitu Muktamar GPII. Event ini merupakan majelis tertinggi konstitusi di wadah gerak GPII.” keteranganya kepada karawangmetro.com, Senin, 27 November 2017.

Disini kami bisa bersilaturahim dengan seluruh kader GPII seIndonesia dari Aceh sampai Papua, dan dapat bertemu dengan tokoh senior dan keluarga Besar GPII, baik di tingkat nasional maupun wilayah, lanjut Irwan.

Dalam acara ini turut hadir tokoh pergerakan islam dari Jawa Barat yaitu Bang Jay atau (Bang Jayadi). Dari beliau inilah kami banyak menimba ilmu sejak pertama kali saya bergabung di GPII Jabar, pada waktu itu di era reformasi tahun 1999-2000, penjelasan kang Taopik.

GPII merupakan wadah gerak pemuda islam yang mempunyai tanggung jawab terhadap keislaman dan keindonesiaan, tentu kami berharap, semoga pemimpin yang baru yang dihasilkan dalam muktamar ini, nantinya yang terpilih dapat membawa berkah bagi ummat dan bangsa Indonesia, pungkasnya.(Ns)

 

 

 

Baca Juga!

Ustad Tengku Zulkarnaen Cocok Pimpin MUI Gantikan K.H Ma’ruf Amin, Berwibawa, Membawa Kesejukan, Tidak Menjadi Corong Penguasa

JAKARTA- Setelah memutuskan maju sebagai bakal cawapres Joko Widodo di Pilpres 2019, KH Ma’ruf Amin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *