Masyarakat Karawang Yang Tergabung Dalam “Koalisi Bela Pertiwi Tolak Tambang ” Gelar Aksi di Depan Gedung Pemkab Karawang

KARMET NEWS – Hari ini (09/05/2018) ratusan masyarakat yang tergabung dalam “Aksi Bela Pertiwi Menolak Tambang” menggelar aksi di depan Gedung Pemkab Kab Karawang, Rabu (09/05/2018). Aksi dimulai sejak pagi dengan mengambil titik kumpul di lapangan Karang pawitan dan untuk selanjutnya massa menuju Gedung Pemkab Karawang.

Aksi masyarakat Karawang menolak tambang di ikuti berbagai element ormas dan kepemudaan serta mahasiswa pecinta alam, acara ini juga dihadiri perwakilan Walhi Karawang.

Pada intinya para peserta aksi tuntutanya sama yaitu menolak izin tambang dan eksploitasi alam di Karawang Selatan yaitu Gunung Sirna Langeng yang dilakukan oleh P.T Atlasindo Utama.

Sebelum acara dimulai para peserta melakukan doa bersama untuk keselamatan dan kelancaran jalanya aksi.

Sesampai di depan gedung dewan, massa melakukan orasi secara bergantian dan isi pesan yang disampaikan rata-rata orator sama yaitu menolak tambang yang terjadi di Karawang Selatan dan meminta ijin dari P T Atlasindo Utama di cabut. Mereka menuntut agar di hentikan kegiatan pertambangan di Gunung Sirna Langeng saat ini juga dan menuntut agar bupati Karawang menemui para peserta aksi.

Para peserta aksi juga menanyakan kepada pemerintah Kab Karawang kenapa kegiatan tersebut bisa terjadi yaitu ( pengerukan Gunung Sirna Langeng). Mereka mempertanyakan dimana fungsi tugas pengawasan dari Dinas Lingkungan Hidup dan perijinan sehingga mengakibatkan terjadi pembiaran dan perusakan alam yang terjadi begitu masif.

“Hentikan segala bentuk pertambangan yang terjadi di Gunung Sirna Langeng, cabut ijin dari P.T Atlasindo Utama,” terang orator aksi dari atas mobil komando.

Sementara itu dari pihak keamanan menerangkan untuk mengamankan jalanya aksi mereka mensiagakan anggotanya di depan gedung dewan dan sepanjang jalan rute yang dilalui peserta aksi, hal itu dilakukan untuk mengatasi kemacetan yang mungkin saja bisa terjadi.

“Untuk mengamankan jalanya aksi pada siang hari ini yaitu aksi damai dari rekan-rekan masyarakat yang menolak tambang di seputar daerah Pangkalan, Kami dari pihak kepolisian menurunkan 170 personil yang terdiri dari berbagai satuan fungsi tugas, diantaranya dari satuan Dalmas dan Satuan lalu lintas. Sampai saat ini jalanya aksi masih berjalan kondusif dan kami berharap sampai acara selesai berlangsung dengan tertib dan aman,” terang Kabagops Polres Karawang, Kompol Prasetyo Purbo Nurcahyo. (Ns)

Baca Juga!

Ustad Tengku Zulkarnaen Cocok Pimpin MUI Gantikan K.H Ma’ruf Amin, Berwibawa, Membawa Kesejukan, Tidak Menjadi Corong Penguasa

JAKARTA- Setelah memutuskan maju sebagai bakal cawapres Joko Widodo di Pilpres 2019, KH Ma’ruf Amin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *