Milisi Yaman

Pihak Keamanan Taiz Bentrok Dengan Milisi Kelompok Bersenjata yang Didanai Oleh Uni Emirat Arab (UEA)

KARMET NEWS, Taiz – Komite keamanan di provinsi Taiz, Yaman, pada Ahad (26/11), terus berkomunikasi membahas dampak bentrokan sengit antara pasukan tentara nasional pemerintah yang sah dan milisi brigade Abu Abbas, kelompok bersenjata yang didanai oleh Uni Emirat Arab (UEA).

Komite keamanan tertinggi di kota tersebut meminta pemerintah yang sah untuk mengambil tindakan hukum terhadap mereka yang menyebabkannya krisis ini.

Brigade Abu Abbas baru-baru ini melancarkan serangan ke gedung Investigasi Kriminal dan Keamanan Publik di Taiz dan mencoba menculik beberapa pegawainya. Setelah itu, bentrokan sengit pecah antara militer dan milisi dukungan Abu Dhabi tersebut.

Kepala keamanan provinsi Taiz, Muhammad Al-Mahmudi, pun mempertanyakan peran UEA di Yaman. Abu Dhabi selama ini dianggap membantu rakyat Yaman menghadapi pemberontak Syiah Hutsi.

“Serangan tersebut menimbulkan pertanyaan tentang Brigade Abu al-Abbas dan peran UEA, yang seharusnya bekerja untuk memulihkan legitimasi dengan mendukung kekuatan tentara nasional dan perlawanan rakyat,” ujarnya.

Al-Mahmoudi mengatakan bahwa Brigade Abu Abbas menolak menyerahkan lembaga-lembaga negara dan menutup-nutupi orang-orang yang dicurigai terlibat dalam pembunuhan anggota tentara nasional di provinsi tersebut.

Dia menambahkan bahwa yang dilakukan milisi Al-Abbas mengungkap kelompok bersenjata itu agen UEA di Taiz. Mereka mencoba membangun sabut keamanan sebagaimana yang sudah dilakukan di Aden.

Dia juga menunjukkan bahwa komponen politik dan keamanan di provinsi tersebut menolak untuk membentuk milisi di luar formasi tentara nasional.

Menurut al-Mahmoudi, milisi ini menolak menyerahkan institusi negara dan pembebasan individu-invidu yang diculik. Hal tersebut menyebabkan ketidakstabilan di dalam kota.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Izar

 

Baca Juga!

Ramadhan Berbagi, Rumah Zakat dan Gramedia Karawang Beri Santunan Untuk 100 Anak Yatim

KARMET NEWS – Bertempat di Lt 2 Gramedia Store Karawang, Rumah Zakat bekerja sama dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *