Jepang Bereaksi, Uji Coba Rudal Korut

Seoul (Karmet News) –
Peluncuran rudal Korea Utara mendapat respon dari Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, dengan mengelar pertemuan di Dewan Keamanan Nasional sekitar pukul 07.30. Menurut salah satu Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataanya.

Korea Utara kembali menguji rudal  apa yang terlihat sebagai rudal balistik berjangkauan pendek dan mendarat di laut pantai timur Korea Selatan.

Rudal itu diyakini rudal balistik kelas menegah dengan jenis Scud dan terbang sekitar 450 kilometer menurut Kepala Staf Gabungan dalam pernyataannya yang dikutip Reuters.

Uji coba kali inipun mendapat kecaman dari pemerintahan jepang yang di sampaikan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada hari Senin. Peluncuran rudal terkini Korea Utara ini sudah tidak benar dan kami  berikrar akan bertindak bersama negara lain untuk menghalangi provokasi berulang Pyongyang.

“Seperti yang kami sepakati dalam pertemuan G7 terbaru, masalah Korea Utara adalah masalah prioritas bagi masyarakat internasional,” kata Abe dihadapan jurnalis dalam taklimat yang disiarkan televisi.

Abe mengatakan Jepang akan berupaya sepenuhnya untuk melindungi rakyatnya, dengan tetap berhubungan erat dengan Korea Selatan dan negara lainnya.

“Bekerja sama dengan Amerika Serikat, kami akan mengambil tindakan spesifik untuk merintangi Korea Utara.”

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga pada hari yang sama juga menyatakan protes Jepang terhadap peluncuran rudal terkini Korea Utara.

“Peluncuran rudal balistik Korea Utara ini sangat problematik dari perspektif keamanan perkapalan dan lalu lintas udara dan jelas melanggar resolusi-resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa,” kata Suga.

Meski demikian, Suga mengatakan bahwa tidak ada kerusakan pesawat mau pun kapal yang dilaporkan terkait dengan peluncuran rudal Korea Utara.

“Masih menurut yoshihide suga negaranya sepenuhnya tidak bisa menoleransi tindakan provokasi berulang Korea Utara. Kami memprotes keras Korea Utara dan mengecam tindakannya dalam istilah paling keras,” katanya sebagaimana dikutip kantor berita Reuters.

Editor:Narto Sapdo

Sumber:Reuters

 

Baca Juga!

Ustad Tengku Zulkarnaen Cocok Pimpin MUI Gantikan K.H Ma’ruf Amin, Berwibawa, Membawa Kesejukan, Tidak Menjadi Corong Penguasa

JAKARTA- Setelah memutuskan maju sebagai bakal cawapres Joko Widodo di Pilpres 2019, KH Ma’ruf Amin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *