ICM Akan Bentuk Koperasi Syari’ah Tingkat Provinsi dan Wujudkan “212Mart” Tiap Kecamatan di Karawang

KARAWANG – Setelah sukses menjadi inisiotor lahirnya koperasi syariah dan minimarket 212Mart yang bergeliat di Karawang. Kini Yayasan Insan Cerdas Madani(ICM) mengajak masyarakat muslim khususnya untuk bisa turut andil sebagai pelaku bisnis dibawah kelembagaan koperasi syariah. Hal itu merupakan sebagai bentuk dari respons kebangkitan ekonomi ummat yang dewasa ini trendnya berkembang pesat bak jamur dimusim penghujan. Semoga hal yang demikian menjadi indikator bangkitnya ekonomi ummat Islam Indonesia jaman now/ kekinian.

Menurut Ketua yayasan ICM Pak Syam, ICM punya cita-cita besar yaitu tiap desa ada minimal satu minimarket 212 Mart. Dan berikut keteranganya kepada karawangmetro.com, Selasa, 19 Desember 2017.

“Dibeberapa daerah/kota dan propinsi alhamdulillah telah bermunculan minimarket yang bernafaskan islam seperti 212 Mart, kita Mart, sodaqo mart dan lain sebagainya. Pasca RALB Bogor, kini KS 212 Pusat semakin solid dan professional dalam melaksanakan management bisnis dan kelembagaannya. Semoga pergeseran ini juga bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, komunitas 212, investor dan masyarakat untuk terinspirasi, motivasi dan action menjadi bagian dari pelaku pasar dalam rangka mengambil bagian bisnis khususnya dibidang retail sembako dengan brand yang sudah menjadi populer di masyarakat yaitu “212 Mart”.keteranganya.

Sebagaimana arahan dari pengurus pusat hendaknya unit bisnis 212 Mart bisa berpayung hukum bisnis seperti Koperasi, meskipun tidak tertutup kemungkinan wujudnya bisa berbadan hukum Perseroaan. Karakter bisnis  dibawah management koperasi semua pengelolaan dan tehnis operasional basicnya adalah berjamaah, dikembangkan dan diawasi secara bersama sama. Ada untung dan rugi ditanggung bersama sama berdasarkan kontribusi modal yang disetorkannya. Berangkat dari diskusi teman-teman di WA sebagai respon atas lambatnya perkembangan minimarket muslim, padahal sejatinya peluangnya sangat besar  untuk diolah dan dikembangkan. Maka dari itu kami kembali menginisiasi dan mendorong agar di setiap kecamatan bisa mendirikan 1 koperasi dan puluhan minimarket.

“Tujuan kami lahirnya koperasi yang memiliki unit bisnis 212 Mart disetiap kecamatan turut serta mempercepat  memfasilitasi kaum muslim dalam hal transformasi knowledge, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan dan menjadikan muslim yang kuat Iman ditopang dengan ekonomi yang mandiri sehingga kokoh dan tidak mudah goyah. Terlebih bahwa kabupaten Karawang  adalah sebuah kota industri dengan nilai UMK terbesar di Indonesia. Teritorialnya sendiri terdiri dari 38 kecamatan dan relatif padat penduduknya adalah indikator pasar dengan prospek yang menjajikan. Koperasi ini akan kita bentuk setingkat propinsi agar kaum muslim di daerah lainnya bisa turut menjadi anggota. Maka dari itu kami mengajak, Marilah bergabung bersama kami dalam mengukir sejarah. Rasanya tidaklah berlebihan jika kami memiliki mimpi besar yaitu ingin membumikan minimarket 212 Mart dengan target “1 Desa satu minimarket 212 Mart”. Tentu dalam prakteknya, tidak bisa sendiri dalam merealisasikannya. Oleh Karen itu semua pihak harus bersinergi dengan seluruh steakeholders. Unsur pemerintah yang diwakili Dinas Koperasi&UKM, para akademisi, kaum Aghnia, pengelola toko modern, pengurus koperasi yang seflatfom dan yang terpenting dengan  media cetak, elektronik maupun online untuk mengembangkan bisnis tersebut.”pungkasnya.

Permaslahan yang demikian yang akan melatar belakangi berdirinya Koperasi Syariah setingkat provinsi yang dalam waktu dekat ini yang akan kami publikasikan sampai dengan selesai nya di godok oleh Tim formatur. Sedangkan untuk Sekretariat dan operasional bisnisnya berada di Perum Jomin Permai Cikampek-Kota Baru.

VISI : Mendorong dan meningkatkan volume minimarket muslim yang mampu memfasilitasi distribusi kebutuhan sembilan bahan pokok dan menciptakan interpreneurship ummat jaman kekiniaan/now.

MISI :

  1. Meningkatkan dan bersinergi dengan lembaga lain untuk akselerasi berdirinya minimarket muslim.
  2. Mendirikan minimarket muslim dengan target setiap desa satu minimarket sebagai rintisan awalnya.
  3. Memfasilitasi bersatunya para aghniya, tokoh masyarakat, akademisi dan konsumen untuk bisa menjadi komunitas yang saling keterkaitan menguatkan satu dengan yang lainnya untuk menguasai ceruk bisnis dan  market yang ada.
  4. Mentransformasi knowladge dibidang bisnis minimarket yang berkarakter management Islam.
  5. Melahirkan pengusaha baru yang peduli kepada ummat, tangguh, kuat dalam  permodalan, network luas, taat hukum dan professional dalam management bisnisnya.

Sedangkan langkah-langkah yang kami ambil untuk merealisasikan tujuan tersebut kami mengambil langkah sebagai berikut:

1.Inventarisir dan membuat komitmen dengan calon para investor targetnya berkenan hadir dalam acara rapat pembentukan koperasi dapat mengikuti sosialisasi bahwa dana awal yang dikumpulkan sebesar Rp. 385.000.000 untuk satu minimarketdengan luas 40- 60 m2.

2.Menyelenggarakan Rapat Anggota( RA) pendirian koperasi bersama untuk menentukan :

a.Memilih, menetapkan dan mengesahkan susunan kepengurusan berikut unsur yang harus ada di koperasi.

b.Menetapkan dan mengesahkan Draft AD/ART

c.Menetapkan dan mengesahkan Rencana Kerja Koperasi(RKK) dan Rencana Anggaran Belanja Koperasi(RABK) setahun kedepan.

d.Menetapkan dan mengesahkan program kerja jangka pendek, menengah dan jangka panjang Koperasi.

3.Melengkapi syarat administrasi legalitas usaha

4.Mengesahkan dan menetapkan prioritas bisnis yaitu minimarket 212 Mart di Cikampek menjadi prioritas utama.

5.Mendaftarkan ke notaris dan dinas koperasi terkait kelengkapan organisasi untuk mendapatkan akta notaris.

Kami yakin dengan berjamaah semua bisa di realisasikan untuk mengangkat izzah umat islam, khususnya di Kabupaten Karawang ini.(Sym/Ns)

 

Baca Juga!

Ada Apa Dengan Perencanaan Dinas PUPR Karawang, Baru 5 Bulan Bronjong Sp Kali Kalapa Sudah Ambrol

Karawang – Ngawur dalam perencanaan, begitulah mungkin istilah yang tepat melihat pembangunan proyek di beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *