Masjid Kebanjiran

Hujan Intens Tiga Hari Wilayah Karawang Berdekatan Citarum Terendam Banjir

Karawang – Curah hujan yang intens sejak Senin(05/02) sampai dengan Rabu(07/02) siang kembali menyebabkan pemukiman penduduk di wilayah Desa Karangligar Kecamatan Telukjambe Barat kembali terendam banjir.

Hingga Rabu siang, pantuan karawangmetro.com ketinggian air rata-rata mencapai 50-70cm atau di bawah lutut orang dewasa dan yang paling rendah tergenang semata kaki. Warga sekitar memprediksi jika hujan terus berlangsung, terutama di hulu sungai Citarum, genangan banjir bakal meluas dan meninggi. Banjir rata mengenangi rumah warga dan sarana ibadah dan aktifitas warga terganggu akibat banjir tersebut.

“Banjir disini sudah musiman pak, biasanya banjir datang ke kampung kami awal tahun atau akhir tahun. Namun kelihatantya untuk tahun ini datang lebih awal, kalau melihat kondisi cuaca sekarang, hujan dari Senin sampai rabu pagi ” ungkap kang Zainal warga setempat.

Aktifitas warga juga terganggu, baik yang mau kesekolah maupun berangkat ketempat kerja karena genangan banjir memotong akses jalan, tambahnya.

Bagi warga Karangligar banjir rutin tahunan bukan hal yang asing. Maka, setiap pergerakan debit air dari luapan sungai Cibeet maupun Citarum, warga sudah paham kapan saatnya mengungsi atau mengamankan harta bendanya agar terhindar dari banjir. Sampai saat ini warga belum mengungsi karena dirasa keadaan masih aman, tetapi jika perkembangan cenderung ke hujan yang terus menerus warga akan mengungsi.

Banjir tidak hanya menimpa di Karangligar, tetapi hampir merata di sebagian besar wilayah Karawang, seperti di daerah Cilebar,Dengklok dan lain-lain.

Sebagian besar area pemukiman yang berdekatan dengan bibir sungai sepanjang aliran sungai citarum saat ini dalam siaga banjir, debit air sungai semakin meninggi. Banjir yang sudah menjadi agenda rutin ini  justru dianggap asing oleh Pemkab Karawang karena sampai saat ini belum juga ada solusi konkret bagaimana upaya pemerintah daerah agar banjir tidak terus terulang, minimal bisa diminimalisir dampaknya bagi masyarakat sekitar yang berdekatan dengan aliran sungai, bahkan sampai saat ini belum ada bantuan dari Pemkab untuk warga yang kena dampak banjir.(Zar/Ahy)

Baca Juga!

Ramadhan Berbagi, Rumah Zakat dan Gramedia Karawang Beri Santunan Untuk 100 Anak Yatim

KARMET NEWS – Bertempat di Lt 2 Gramedia Store Karawang, Rumah Zakat bekerja sama dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *