Belajar Dari Pohon Kurma, Menjadi Kuat Sejak Kecambah

Karawang, 16 Juli 2018 – Setiap bulan Ramadhan pasti banyak penjual kurma yang menjajakan daganganya di merata tempat. Kita bisa membeli bermacam-macam kurma, dari harga yang murah hingga yang mahal. Tetapi bahasan kita kali ini bukan buah kurmanya, yaitu tentang proses pohon kurma bertumbuh. Tahukah kita bahwa menanam pohon kurma dari biji adalah sangat unik. Baiklah, langsung saja ke topik tentang uniknya tumbuh kembang pohon kurma yang ternyata memberi pelajaran berharga dalam kehidupan ini.

Pada saat biji ditanam kemudian diberikan batu di atasnya, yang pada saat itu kecambah pohon kurma mulai bertumbuh, kecambah tersebut tidak bisa naik ke permukaan tanah. Perjuangan yang sangat keras bagi Si kecambah untuk dapat naik ke permukaan, dan hampir tidak mungkin tercapai, tetapi apa yang terjadi pada saat kecambah tersebut tidak bisa naik ke atas? Akar kecambah tersebut bertumbuh sangat kuat ke dalam. Setelah akarnya cukup kuat maka batu-batu pun ahkinya dapat disingkirkan. Pohon kurma akan bertumbuh ke atas dengan kuat dan cepat karena akarnya sudah cukup besar untuk mengambil makanan yang ada di dalam tanah.

Saya mulai merefleksikan diri tentang kehidupan, dan juga membayangkan teman-teman saya yang pada saat saya kecil hidupnya tidak terlalu beruntung. Teman-teman yang saya lihat pada saat itu ada yang sangat beruntung karena mempunyai kehidupan yang sangat nyaman. Banyak pula dari teman saya yang pada saat masih kecil dulu, yang saya anggap kurang beruntung. Namun sekarang kehidupannya mempunyai banyak prestasi dan bisa memulai usaha sendiri, kalaupun mereka bekerja mempunyai karir yang bagus.

Ternyata kesulitan hidup pada masa kecil, membuat teman-teman saya yang kurang beruntung tadi belajar tentang kehidupan mulai dari kecil. Bagaimana dia bisa berteman dan bagaimana mereka belajar untuk mendapatkan peluang usaha dari kesusahan yang dialami.

Kesulitan yang dihadapi oleh seseorang biasanya akan memberikan pelajaran pada orang tersebut untuk bertumbuh. Pertumbuhan yang terjadi di dalam diri seseorang biasanya tanpa disadari oleh orang tersebut.

Kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh seseorang dapat membangun dirinya untuk menjadi lebih baik. Seharusnya pada saat menghadapi kesulitan tersebut seseorang harus bersyukur, dengan bersyukur maka beban yang dihadapi akan jauh lebih berkurang.

Pertanyaan yang sering muncul seperti pada saat awal saya merasakan kesulitan atau masalah dalam diri saya. Saya merasa mengapa beban hidup ini berat sekali? Setelah saya belajar ternyata permasalahan yang kita dapatkan justru membuat kita lebih kuat lagi.

Dengan demikian pada saat saya mendapatkan kesulitan, pertanyaannya adalah pelajaran apa yang saya dapatkan dari masalah yang menerpa kita. Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana untuk mengatasi masalah yang ada, apakah solusi yang bisa kita dapatkan untuk mengatasi masalah ini? Atau malah sebaliknya.

Setelah mendapatkan jawabanya, maka salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu fokus pada solusi.

Kalau semuanya sudah terselesaikan saya bisa merenung kembali, untuk bersyukur dengan apa yang telah kita alami dan lalui.

Hikmah Atau Pelajaran Yang Saya Dapatkan

Masalah juga dapat terjadi karena diri kita yang membuat permasalahan itu timbul. Dalam kehidupan sehari-hari sering sekali terjadi masalah yang datang karena kita sendiri yang membuat masalah tersebut terkadang jadi pelik. Analisa yang tepat dan mencari solusi adalah cara terbaik untuk mengatasi persoalan.(Ns)

 

 

Baca Juga!

Ust Novel Tanggapi Pernyataan Ketua PSI Yang Tolak Perda Syariah Dan Perda Injil, Usul PSI Dibubarkan Saja

Jakarta – Tokoh nasional Ust Novel Bamukmin, geram dengan pernyataan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com