Anies Kembali Tegaskan, Monas Boleh Digunakan Untuk Kegiatan Keagamaan, Pendidikan dan Sosial Budaya

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri kegiatan Reuni Akbar 212 di Monumen Nasional, Jakarta Pusat.Kedatangan Anies langsung disambut meriah oleh peserta reuni yang hadir di dengan takbir, Sabtu, 2 Desember 2017.

Dalam pidato sambutannya tersebut, Anies kembali menegaskan Monas adalah sebagai salah satu tempat bersejarah terciptanya Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI, simbol perjuangan.

“Maka dari itu tempat ini diberi nama lapangan Medan Merdeka, karena di tempat ini kemerdekaan dipertahankan, dan sebagai saksi sejarah, Alhamdulilah, sekarang Monas telah dibuka untuk berbagai kegiatan, baik kegiatan keagamaan atau umum,” kata Anies dalam sambutan pidatonya.

Menurut Anies sebenarnya, aturan tersebut telah tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 186 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 160 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Kawasan Monumen Nasional.

Di mana pada era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kawasan Monas dilarang untuk kegiatan selain acara negara. Dan kini Monas dapat digunakan lagi untuk kegiatan pendidikan, sosial, budaya, dan keagamaan. Mendegar yang demikian moderator dan jama’ah langsung menyambutnya dengan takbir.

Anies menegaskan dasar membuka kembali kawasan Monas untuk kegiatan pendidikan, sosial, budaya, dan keagamaan mengacu pada Pancasila, tepatnya pada sila pertama.

“Kami bersyukur bahwa negeri ini adalah negeri Pancasila, sila pertamanya adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Atas dasar itulah tempat ini kita berikan kesempatan untuk kegiatan, keagamaan, kebudayaan dan lain-lain,” tuturnya.

Sementara itu terlihat sejumlah tokoh juga mulai berdatangan, terlihat Amin rais, ketua FPI Pusat Sobhri Lubish dan penyanyi Opik.(Ns/Zar/Ahy)

Baca Juga!

Kembali Dana Desa Memakan Korban, Kepala Desa Pancawati Jadi Tersangka!

KARAWANG – Kembali oknum Kades di Karawang berubah status menjadi seorang tersangka. Kades Pancawati, Kecamatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com