Aksi Buruh 1212, Ribuan Buruh Karawang Gelar Demonstrasi Tuntut UMSK 2019 Segera Ditetapkan

KARAWANG – Ribuan buruh yang tergabung dalam Koalisi Buruh Pangkal Perjuangan (KBPP) terdiri dari FSPMI,PPMI KASBI dan SPSI berunjuk rasa di Pemkab Kab Karawang, Rabu (12/12/2018).

Aksi buruh yang dinamai aksi 1212 menuntut penetapan upah minumum sektoral di Kabupaten Karawang 2019 untuk segera disahkan dan ditetapkan.

“Kami menuntut penetapan upah minimum sektoral (UMSK) tahun 2019 di karawang agar segera disahkan dan ditetapkan,” kata Presiden Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI), Daeng Wahidin kepada www.karawangmetro.com, Rabu (12/12/2018).

Daeng Wahidien menjelaskan, selain meminta untuk segera ditetapkannya UMKS, para buruh yang tergabung dalam KBPP juga meminta untuk dicabut PP No 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dan Permen No 15 Tahun 2018 karena kedua perturan tersebut dinilai sangat tidak berpihak kepada pekerja.

Seharusnya UMKS harus disepakati antara pekerja dan penguasa, akan tetapi pengalaman kami selama ini sangat sulit menemui kata mufakat dengan pengusaha. Kenapa hal itu bisa terjadi? karena dasar para buruh dalam menetapkan upah adalah berdasarkan item kebutuhan hidup layak, sedangkan dari pengusaha berdasarkan PP No 79 tahun 2015 dan Permen No 15 tahun 2018, jelasnya.

“Harapanya bupati mengeluarkan kebijakan atau keputusan yang baik untuk semua. Adapun jika  tuntutan kami tidak dipenuhi, maka kami akan melakukan aksi lagi yang lebih besar, bahkan mungkin juga melakukan mogok massal di seluruh Kabupaten Karawang. ” kata  Daeng Wahidien.

Harapanya tentu karawang tetap kondusif. Buruh dapat sejahtera dan pengusaha juga dapat menjalankan usahanya dengan baik dan merasa nyaman.

Sekali lagi semoga bupati karawang dapat mengeluarkan keputusan yang berpihak dan adil bagi semua agar karawang tetap aman dan kondusif, pungkasnya.(Ns).

Baca Juga!

Bisnis Esek-esek Di Karawang Kembali Bergeliat Pasca Ramadhan, ASPIKA : Harus Ditindak Tegas

Karawang – Setelah libur panjang di bulan puasa bisnis esek-esek di Karawang kembali beroperasi. Bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com