ACTA Ingatankan Bawaslu Agar Cegah dan Tindak Kepala Daerah yang Gunakan Kekuasaan Untuk Dukung Salah Satu Capres

Jakarta – Menyikapi banyaknya silang pendapat dan polemik tentang kepala daerah yang memberikan dukungan kepada kontestan salah satu pilpres 2019 ACTA menyikapi hal tersebut. Dan berikut adalah pernyataan sikap ACTA yang kami terima dari Ust Novel Bamukmin S.H, Jum’at (21/09/2019).

Hari ini karni secara resmi menyampaikan Nota Peringatan kepada Bawaslu agar bisa bertindak agresif mencegah dan rnenindak kepala daerah yang rnelanggar netralitas dalarn keadaan dinas. Kami menyayangkan tidak ada reaksi serius dari Bawaslu atas sikap dua Kepala Daerah yakni Gubernur Papua Lukas Enemnbe dan Wakil Gubemur NTB Siti Rohmi Djalilah yang terang-terangan menyatakan dukungan politik kepada Capres Jokowi di Istana Negara dan dalarn keadaan sedang berpakaian dinas beberapa waktu lalu.

Meskipun saat itu belum ada penetapan pasangan capres­ cawapres oleh KPU, tetapi tetap saja hal tersebut rnerupakan potensi pelanggaran Pasal 282 junto 547 UU Pemilu yang melarang pejabat negara membuat keputusan dan/atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon. Ketika berpakaian dinas dan berada di Istana seharusnya kepala daerah netral karena posisi mereka jelas tidak dalam keadaan cuti.

Setelah kemarin KPU resmi menetapkan dua pasangan Capres­ Cawapres kami rneminta Bawaslu untuk gaspol mencegah dan menindak kepala daearh yang rnelakukan tindakan tidak netral dalam status tidak sedang cuti. Saat ini ada puluhan Kepala Daerah yang secara tcrbuka menyatakan keberpihakan kepada Jokow- Ma’ruf, jagan sampai mereka leluasa melanggar aturan karena Bawaslu yang lamban bergerak.

Indonesia milik kta bersama, jangan ada satu pihak yang bebas melanggar aturan dan rnelakukan penyalahgunaan kekuasaan sementara pibak lain terus dicari-cari kesalahannya, Jakarta 21 September 2018 demikian disampaikan juru Bicara ACTA, Ust Novel Bamukmin S.H.(Ns)

Baca Juga!

Berkaca Dari Hasil Pilpres 2014, KH Nonop Hanafi Yakin Prabowo-Sandiaga Menang Di Jawa Barat

BANDUNG, 18/11/2018 – Motor penggerak aksi jalan kaki Santri Ciamis yang menghebohkan Indonesia, yaitu KH …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com